Sejarah Singkat Aisyiyah yang Dibina Oleh Siti Walidah atau Nyai Dahlan, Simak Selengkapnya!

- Sabtu, 19 November 2022 | 21:33 WIB

SUMENEP NETWORK – Dalam artikel ini berisi informasi sejarah singkat Aisyiyah yang dibina oleh Siti Walidah atau Nyai Dahlan.

Sebagai informasi, Aisyiyah didirikan pada 19 Mei 1917 atau 27 Rajab 1335 H  dalam perhelatan akbar dan meriah yang bertepatan dengan momen Isra Mi’raj Nabi Muhammad.

Awal berdirinya Aisyiyah telah dimulai sejak diadakannya perkumpulan Sapa Tresna di tahun 1914, yaitu perkumpulan gadis-gadis terdidik di sekitar Kauman.

Ahmad Dahlan selaku pendiri Persyarikatan Muhammadiyah, beliau mendorong perempuan untuk menempuh pendidikan, baik di pendidikan formal umum maupun keagamaan.

 Baca Juga: Ini Rundown Kegiatan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah Ke-48 di Solo

Melihat konstruksi sosial saat itu menyatakan bahwa perempuan tidak perlu menempuh pendidikan secara formal, Ahmad Dahlan memilih mendorong anak gadis rekannya atau saudara teman-temannya untuk bersekolah.

Para gadis inilah yang kemudian mengenyam pengkaderan ala Ahmad Dahlan juga temannya, serta Siti Walidah atau Nyai Dahlan.

Pendirian Aisyiyah diawali dengan pertemuan yang digelar di rumah Kyai Ahmad Dahlan pada 1917, yang dihadiri K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Fachrodin, K.H. Mochtar, Ki Bagus Hadikusumo, bersama enam gadis kader Dahlan, yaitu Siti Bariyah, Siti Dawimah, Siti Dalalah, Siti Busjro, Siti Wadingah, dan Siti Badilah.

Pada pertemuan tersebut memutuskan berdirinya organisasi perempuan Muhammadiyah, dan disepakati nama Aisyiyah yang diajukan K.H. Fachrodin.

Halaman:

Editor: Machallafri Iskandar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LOWONGAN KERJA Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit

Senin, 30 Januari 2023 | 18:36 WIB
X